Minggu, 05 Desember 2010

air bagi kehidupan

AIR BAGI KEHIDUPAN*

Sadiman+

 

Air melimpah di bumi ini, karena 60% dari bumi terdiri dari air. Bahkan tubuh kita 70% terdiri atas air. Dapat di bayangkan air begitu penting bagi kehidupan. Sekarang kita semakin sulit untuk mendapatkan air bersih apalagi di musim kemarau. Air yang begitu melimpah akan menjadi barang mahal jika sudah nenjadi air bersih. Air yang rumus kimianya H2O artinya terdiri dari atom hydrogen sebanyak 2 buah dan oksigen sebanyak 1 buah,maka jika berikatan menjadi air yang kita kenal.

            Menurut kesehatan, Air bersih yang layak dikonsumsi oleh manusia adalah

 1.  warna bening (tidak berwarna),

 2.  tidak berasa, dan

 3.  tidak berbau.

Syarat ini nampaknya sederhana menurut sifat fisisnya. Jika dilihat secara biologi dan kimiawi, maka air bersih adalah air yang tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia dan kandungan BOD tidak melampaui batas yang telah ditetapkan.

            Dalam fisika, air memiliki masa jenis p=1 g/cm3 atau p=1000 kg/m3 , hal ini dapat terjadi jika air tidak memiliki kandungan zat lain,atau bisa dikenal sebagai air murni.

            Setiap hari kita membutuhkan sekitar…… m3 air untuk keperluan mandi, mencuci, dan keperluan lainnya. Jika penduduk Indonesia ada 200 juta maka dalam sehari akan di butuhka 100 juta m3 air. Coba bayangkan betapa besar kebutuhan air kita dalam sehari.

            Dalam jangka panjang masalah air bersi akan menjadi masalah yang besar jika kita tidak mengendaikannya dari sekarang. Sulitnya air bersih kita peroleh saat ini karena ada beberapa faktor :

Ø      Kondisi alam

Ø      Pencemaran limbah industri

Ø      Berkurangnya sumber air (lahan gundul)

Marilah kita selamatkan air bersih untuk keperluan anak cucu kita,karena air bersih merupakan penunjang bagi kehidupan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar